Senin, 12 Oktober 2020

SOAL SISTEM OPERASI

 

1. Sistem Operasi adalah sebagai program pengendali, maksudnya adalah...
a.Program yang digunakan untuk mengontrol program yang lain
b.Program yang berisi tentang utility
c.Program yang berisi tentang header file
d.Program yang berisi tentang footer file
e.B dan D salah
JAWABAN ( A)
bertugas untuk mengontrol dan memanajemen perangkat keras dan operasi-operasi dasar sistem, termasuk dalam menjalankan perangkat lunak aplikasi misalnya program-program pengolah kata, angka, dan browser web untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan pengguna serta pemanfaatan sumber-daya pada sistem komputer.

2. Contoh sistem operasi yang berbasis open source adalah....
a.Linux d. Android
b.Opera e. A dan D Benar
c.Mozilla
JAWABAN (A) linux
Open source
Unix, MINIX, BSD(Berkeley Software Distribution), GNU Linux, Sun Solaris, Syllable Desktop, AROS Research Operating System, OpenGEM, Menuet OS, KolibriOS, ReactOS, DexOS.

3. Konsep kerja dimana, admin mengelompokkan job berdasarkan jenis program dan dieksukusi sesuai  jenis program yg dicoding melalui punched card  secara sequence disebut...
a.Open shop
b.Driven shop
c. Spool Operation
d.Time sharing
e.Buffer operation
JAWABAN  B. DRIVEN SHOP

4.Asal muasal software DOS adalah...
a.CPM d. 86 DOS
b.QDOS e. DOS
c. DOS 86
HARUSNYA MsDos Jawabannnya tidak ada
MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.
MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

5. Sistem operasi yang penginspirasi pembuatan linux adalah...
a.MINIX d. UBUNTU
b.Blankon e. SLAX
c.MINI
JAWABAN A  minix

Andrew Stuart Tanenbaum membuat Minix di Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda untuk memberikan contoh bagi prinsip-prinsip dalam sistem operasi pada buku Operating Systems: Design and Implementation yang dibuat olehnya serta diterbitkan oleh Prentice Hall pada tahun 1987. Kode sistem operasi tersebut terdiri atas kira-kira 12000 baris, yang terdiri atas kernel, manajer memori, dan sistem berkas yang diulas di dalam buku. Sistem operasi ini kebanyakan ditulis dalam bahasa pemrograman C.
Desain prinsip sistem operasi yang diterapkan oleh Tanenbaum terhadap Minix memengaruhi keputusan desain yang diambil oleh Linus Torvalds dalam rangka pembuatan kernel Linux. Linus Torvalds memang menggunakan Minix dan menghargainya, tetapi desain yang dibuatnya berbeda secara signifikan jika dibandingkan dengan Minix, terutama ketika melihat desain kernelnya (Linux menggunakan monolithic kernel sementara Minix merupakan microkernel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The End Eart "GLOBAL WARMING"

1. Executive Summary Global warming is a pressing issue that is affecting our planet in numerous ways. From rising temperatures and melting ...