Sabtu, 28 Mei 2022

NAMA Alkhasyyatulloh nim 2022191024

BAB III 
METODOLOGI PENELITIAN 

 1.1Tahapan Penelitian
  Sistem Parkir secara Umum Sistem informasi parkir adalah suatu sistem yang menginformasikan ketersediaan ruang parkir yang kosong yang biasanya diterapkan di kawasan pusat kota. Informasi disampaikan kepada masyarakat pengguna lalu lintas dengan rambu variabel ataupun melalui sistem navigasi kendaraan modern. Dalam sistem navigasi modern kendaraan bahkan dapat diinformasikan lokasi ruang parkir yang kosong. Dengan sistem informasi ini dapat mengurangi waktu yang hilang untuk mencari ruang parkir yang kosong. Sistem parkir sering kita temukan ketika kita masuk ke area perparkian Rumah sakit, Bandara, Stasiun Kereta Api, pelabuhan, mall ,hotel , Gor, dan lahan publik area lainnya. Sistem parkir yang diaplikasikan di Indonesia dan cara kerja serta berdasarkan perkembangannya dimulai dari:

 1.Sistem parkir manual yaitu sistem parkir tradisional yang di kelola oleh operator atau petugas parkir secara bebas dengan laporan secara lisan (asas Kepercayaan antara pemda, pemilik dan pengelola parkir). 

2. Sistem Parkir berbasis computer atau di sebut Parking Manajemen Sistem (PMS) sistem ini berbasis computer dengan menggunakan dua orang penjaga atau operator yang menjalankannya . 

 3. Sistem parkir Semi Otomatis atau disebut sistem manless dimana sistem ini adalah pengembangan dari sistem PMS . Sistem ini hanya di operasikan oleh 19 satu orang operator sebagai kasir. Sistem ini menjadi andalan pengeoloa parkir saat ini karena dengan sistem ini pengelola parkir dapat menghemat SDM dan sistem ini tidak mudah di manipulasi serta laporan datanya lebih akurat. 

 4. Sistem Parkir Cerdas Sistem parkir cerdas yang terkomputerisasi saat ini sudah beragam dikembangkan dengan bebagai jenis dan metode yang berbeda-beda. Sistem yang dikembangkan juga bervariasi mulai dari berbasis web, fingerprint, android, dan berbasis kartu pengenal. 

 1.2 Metode penelitian
  Metode yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah : 

 1.Study Literatur Pada tahap ini dilakukan penelusuran terhadap berbagai macam literatur seperti buku, referensi – referensi baik melalui perpustakaan maupun internet dan lain sebagainya yang terkait dengan judul penelitian ini dan berguna untuk pembelajaran bagi penulis.
 
 2.Analisa Dari hasil study literature akan dibuat deskripsi umum untuk mengenai sistem parkir dengan emoney ini. 

 3.Evaluasi sistem parkir emoney Pada tahap ini dilakukan uji coba terhadap sistem parkir emoney ini dengan analisa dan problem masalah nanntinya evaluasi dan cara penangananny 

1.3Tinjauan pustaka 

 Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Secara hukum dilarang untuk parkir. Setiap pengendara kendaraan bermotor memiliki kecendrungan untuk mencari tempat untuk memarkir kendaraannya sedekat mungkin dengan tempat kegiatan atau aktifitasnya. Sehingga tempat-tempat terjadinya suatu kegiatan misalnya seperti tempat kawasan pariwisata diperlukan areal parkir. Pembangunan sejumlah gedung atau tempat-tempat kegiatan umum sering kali tidak menyediakan areal parkir yang cukup sehingga berakibat penggunaan sebagian lebar badan jalan untuk parkir kendaraan (Warpani, 1990). Menurut Pedoman Perencanaan dan Pengoperesian Fasilitas Parkir, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1998 parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara. Termasuk dalam pengertian parkir adalah setiap kendaraan yang berhenti pada tempat- tempat tertentu baik yang dinyatakan dengan rambu ataupun tidak, serta tidak semata-mata untuk kepentingan menaikkan dan menurunkan orang atau barang. PP No.43 tahun 1993 menjelaskan definisi parkir adalah suatu keadaan dimana kendaraan tidak bergerak dalam jangka waktu tertentu atau tidak bersifat sementara. 
 Dalam membahas masalah perparkiran, perlu diketahui beberapa istilah penting, yaitu sebagai berikut : 
1.Kapasitas Parkir : kapasitas parkir (nyata)/kapasitas yang terpakai dalam satu-satuan waktu atau kapasitas parkir yang disediakan (parkir kolektif) oleh pihak pengelola. 

2. Kapasitas Normal: kapasitas parkir (teoritis) yang dapat digunakan sebagai tempat parkir, yang dinyatakan dalam kendaraan. Kapasitas parkir dalam gedung perkantoran tergantung dalam luas lantai bangunan, maka makin besar luas lantai bangunan, makin besar pula kapasitas normalnya. 

 3.Durasi Parkir: lamanya suatu kendaraan parkir pada suatu lokasi. 

 4.Kawasan parkir: kawasan pada suatu areal yang memanfaatkan badan jalan sebagai fasilitas dan terdapat pengendalian parkir melalui pintu masuk. 

 5.Kebutuhan parkir: jumlah ruang parkir yang dibutuhkan yang besarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti tingkat pemilikan kendaraan pribadi,tingkat kesulitan menuju daerah yang bersangkutan, ketersediaan angkutan umum, dan tarif parkir. 

 6.Lama Parkir: jumlah rata-rata waktu parkir pada petak parkir yang tersedia yang dinyatakan dalam 1/2 jam, 1 jam, 1 hari. 

 7.Puncak Parkir: akumulasi parkir rata-rata tertinggi dengan satuan kendaraan. 

8. Jalur sirkulasi: tempat yang digunakan untuk pergerakan kendaraan yang masuk dan keluar dari fasilitas parkir. 
9.Jalur gang: merupakan jalur dari dua deretan ruang parkir yang berdekatan. 

10. Retribusi parkir: pungutan yang dikenakan pada pemakai kendaraan yang memarkir kendaraannya di ruang parkir. 

 1.4 Penelitian Terkait untuk Masalah Sistem Perparkiran dengan menggunakan e-money

 Berdasarkan Analisa di sampel pada hari normal Senin Sampai dengan Jumat rata2 pengunjung 60% masih menggunakan Emoney sisanya menggunakan Transaksi karcis dengan Tunai ,sedangkan untuk penggunaan eMoney dengan kendaraan roda empat transaksi terbanyak dengan eMoney sejumlah 53% , 47% kendaraan roda dua lebih memilih dengan karcis parkir Efesiensi waktu dan kecepatan antrian  Untuk Efesiensi waktu jika di hari Minggu dan Sabtu jumlah pengunjung meningkat di jam sibuk antrian lebih cepat terpangkas dengan e money karena sekali kendaraan masuk dengan tapping in sedangkan untuk keluar hanya perlu tap out, sedangkan untuk antrian dengan karcis parkir sangat begtu memakan waktu per kendaraan 2 - 3 menit , biasanya yang memakai kendaraan roda dua , tentu efesiensi dengan e money waktunya sangat cepat dibanding dengan karcis parkir 
 KEUNTUNGAN Parkir dengan Emoney  Keuntungan Parkir dengan eMoney Di kategorikan menjadi 4 sebagai berikut 
1. Bentuk dan kegunaan 
2. Saldo dan kemudahan pengisian  
3. Banyaknya pemakai kartu e money  
4. keamanan  penjelasan 
 
 Bentuk dan kegunaan Bentuk emoney seperti kartu dan terdapat chip komputer , chip tersebut menyimpan transaksi data dan nominal saldo kartu , e money masih bisa digunakan secara offline , artinya tidak memerlukan koneksi internet untuk bisa menggunakan manfaatnya , untuk bisa bertransaksi harus selalu membawa kartu e money ,  untuk 6 responden menurut mereka kurang efektif dan lebih memilih e wallet digital dalam melkukan transkaksi, mereka lebih memilih uang tunai untuk membayar di indomaret 

    Saldo dan kemudahan pengisian  Untuk ,menggunakan e money penggunanya harus menyetorkan atau membayar dengan menggunakan uang fisik atau uang tunai kepada perusahaan penerbit uang elektronik untuk kemudian disimpan dalam media elektronik sebelum menggunakannya untuk keperluan transaksi. Secara sederhana, untuk mendapatkan uang elektronik, penggunanya harus menukarkannya dengan uang fisik (top-up), bisa dilakukan di atm yang mendukung setor tunai  tentunya menggunakan emoney  mendapatkan benefit bonus potongan promo dan berbagai kelbihan lain pengisian saldo e-money akan lebih mudah jika  memiliki smartphone dengan NFC (near field communication). Jika tidak, perlu mengisi kartu e-money di mesin ATM, EDC, atau penyedia layanan pengisian lainnya., Saldo e money sama seperti uang tunai tetapi tidak bisa dicairkan . 

   Banyaknya pemakai emoney    Emoney ini terus mengalami peningkatan, baik dari sisi penggunanya, maupun jumlah transaksinya. Merujuk pada data yang dirilis Bank Indonesia menunjukkan bahwa transaksi uang elektronik hingga Juni 2019 mencapai Rp 11,87 triliun. Angka ini sudah naik drastis sebesar 242% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 3,46 triliun. Pada Februari 2019, BI merilis data bahwa uang elektronik tumbuh sampai 66%. BI mencatat, saat ini sudah ada 37 uang elektronik, baik dari jenis uang elektronik berbasis chip maupun server atau aplikasi.  Naiknya penggunaan uang elektronik karena semakin tersebarnya lokasi yang menyediakan transaksi elektronik seperti transportasi umum, jalan tol, minimarket, tempat wisata, dan restoran. Tingginya pemakaian uang elektronik juga didorong oleh pertumbuhan jual beli daring. Seiring dengan kemajuan teknologi ditambah efek pendemi virus pemkaian e money meningkat untuk mengurangi pemakaian uang tunai , Untuk segmentasi penggunaan e money, ternyata lebih luas daripada e wallet. Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang tersedia secara fisik, sehingga akan lebih mudah digunakan oleh masyarakat luas.
 
   Keamanan Karena e-money berbentuk fisik dan tidak terkoneksi internet ,emoney ini sangat aman tidak akan terkena hacking data oleh hacker ataupun terkena phising , uang elektronik yang satu ini akan lebih rawan hilang atau rusak. Sistem bagaiman  Emoney  berkerja  Penggunaan e-Money ini tidak memerlukan adanya proses otorisasi seperti halnya pemakaian pin atau tanda tangan, karena e-Money tidak berkaitan langsung dengan rekening nasabah yang ada di bank. Penggunaan dari e-Money tidak membebankan pembayarannya pada rekening bank, seperti halnya kartu kredit atau kartu debit. Sebagaimana prepaid yang lain, bisa melakukan top up untuk kartu tersebut. Nasabah yang memiliki E-Money dalam pecahan tertentu, misalkan Rp100 ribu (maksimal Rp1 juta) terlebih dahulu mendaftarkan E-Money pada counter penerbit uang elektronik untuk aktivasi. Selanjutnya nilai uang reload (diisi dan direkam) pada media elektronik misalkan kartu yang dikeluarkan oleh bank, handphone, atau kartu prabayar. Gerai ritel (merchant) yang diberi otorisasi sebagai tempat belanja akan mendebet sejumlah nilai sesuai transaksi. Setiap terjadi mutasi transaksi, komputer merchant yang terhubung ke jaringan penerbit E-Money akan melakukan semacam perhitungan kliring. Sebagaimana kartu prabayar, pengguna juga dapat menambah atau mengisi ulang (top up) uang elektronik tersebut. Pemakaian e-Money tak memerlukan proses otorisasi dan tidak terkait langsung dengan rekening nasabah di bank. Sehingga pembayaran yang dilakukan melalui e-Money tidak dibebankan kepada rekening nasabah di bank. Perkembangan emoney untuk masa depan Dengan adanya e money perkembangan terhadap transksi berlangsung lebih cepat dan waktu transaksi terpangkas lebih banyak ,sekarang banyak gerai selain indomaret menggunakan e money dan sudah menjalar ke usaha micro hanya dengan hp yang support aplikasi android atau support NFC . Alih fungsi dari non tunai ke emoney sudah berlangsung hingga sekarang kedepannya kiamat mesin - mesin atm sudah di depan mata bahkan transisi emoney kartu ke emoney aplikasi sudah makin banyak . Di kota besar seperti jakarta e money sudah menggunakan kode QR sehingga tanpa perlu menempel kartu emoney tinggal scan transaksi akan terudpate ke aplikasi , voucher dan diskon bisa di apply sebelum bertransaksi .

Rabu, 25 Mei 2022

Perkedel Tahu Kornet

Bahan-bahan
 Untuk
2 orang

1 bungkus tahu putih

6 sdm Tepung bumbu

3 sdm Kornet Sapi

1 butir telur kocok lepas

Bumbu halus

3 bawang merah

3 bawang putih

Bumbu dasar

Garam

Gula

Lada bubuk

Kaldu bubuk

Daun bawang iris kecil
Langkah

1 Haluskan tahu yg sudah direbus menggunakan garpu

2 Masukkan kornet ayam aduk rata

3 Haluskan bawang merah dan putih yang sebelumnya sudah digoreng

 4 Masukkan ke dalam adonan, aduk rata

5 Tambahkan telor, aduk rata

6 Masukkan tepung bumbu, tambahkan bumbu garam dll, koreksi rasa

7 Masukkan irisan daun bawang, aduk rata

8 Bentuk adonan, kemudian goreng di minyak panas dengan api sedang

9 Angkat lalu tiriskan.

KaraStar Giveaway

Karastar x Kucoin 💵 Reward : 10000 $KARA Join Here https://gleam.io/bQiLn/karastar-giveaway
✅ Complete Task ✅ Submit BSC Address ✅ Claim "Fill Form" ✅ Done

FRUITS Airdrop Phase 4

 



FRUITS Airdrop Phase 4 💵 Total Reward: 100,000 USD worth of FRTS 💎 4,000 Winners are selected randomly ⏺link : https://www.fruitsc.org/frts-2022-airdrop-phase4/ ⏺ link wallet atau bisa download di playstore

📣 new Beta Testnet Yellow Submarine

 

📣 new Beta Testnet Yellow Submarine 


⏺follow twitter

⏺Register : klik disini

⏺submit detail dan evm address 0x

⏺Done.

Jumat, 13 Mei 2022

18 daftar calon pedagang fisik aset kripto yang terdaftar di Bappebti.

 Per tanggal 1 Mei 2022, transaksi kripto bakal kena pajak 0.1%.


Berlaku buat exchange mana aja? 


Berikut ini 18 daftar calon pedagang fisik aset kripto yang terdaftar di Bappebti.


Nanovest.io (PT Tumbuh Bersama Nano)

Tokocrypto.com (PT. Aset Digital Berkat)

incrypto.co.id (PT. Aset Digital Indonesia)

koinku.id (PT. Cipta Koin Digital)

Galad.id (PT. Galad Koin Indonesia)

Indodax.com (PT. Indodax Nasional Indonesia)

digitalexchange.id (PT. Indonesia Digital Exchange)

kriptomaksima.com ( PT. Kripto Maksima Koin)

Luno.com (PT. Luno Indonesia LTD)

Kriptosukses.com (PT. Mitra Kripo Sukses)

Pantheras.com (PT. Pantheras Teknologi Internasional)

Pedagangasetkripto.com (PT. Pedagang Aset Kripto)

Pintu.co.id (PT. Pintu Kemana Saja)

Rekeningku.com (PT. Rekeningku Dotcom Indonesia)

TRIV.co.id (PT.Tiga Inti Utama)

Bitocto.com (PT. Triniti Investama Berkat)

Upbit.com dan Upbit.co.id (PT. Upbit Exchange Indonesia)

Zipmex.com (PT. Zipmex Exchange Indonesia

Senin, 18 April 2022

1) Carilah 3 contoh nyata dari 3 bidang ilmu yang terkait dengan IMK 2) Buatlah evaluasi faktor manusia dari diri masing-masing berdasarkan 5 aspek yang ada

 1)Carilah 3 contoh nyata dari 3 bidang ilmu yang terkait dengan interaksi manusia dan komputer.

*Bidang Pendidikan -Siswa yang mengisi soal-soal ujian berbasis komputer -Orang yang belajar melalui platform belajar online atau E Learning -Pengisian KRS yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Sistem Informasi Akademik -Kegiatan belajar mengajar yang menggunakan laptop dan infokus *Bidang Keuangan -Penggunaan ATM juga merupakan contoh dari IMK, pada ATM terdapat interface yang menampilkan menu-menu seperti transfer, cek saldo, dan lainnya. -Seorang akuntan biasanya menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk mengurus semua data-data keuangan sebuah lembaga -Kasir yang menggunakan komputer untuk mencatat semua transaksi dari sebuah toko *Bidang Kesehatan -Saat kita berkunjung ke Rumah Sakit atau Puskesmas biasanya sudah menggunakan Sistem Nomor Antrian yang terkomputerisasi -Penggunaan mesin rontgen juga ternyata bagian dari IMK -Daftar Nama Pasien Yang sudah terkomputerisasi 2)Buatlah evaluasi faktor manusia dari diri masing-masing berdasarkan 5 aspek yang ada. Evaluasi Yang sangat menyeluruh sebagaimana indera manusia seperti halnya mendengar dengan komputer dapat menciptakan sebuah program alat bantu dengar untuk manusia yang keterbatasan alat indera pendengarannya agar lebih baik lagi , konteksnya manusia sebagai user Dan juga sudah memasuki lingkup kehidupan manusia dari hal sekecil bangun pagi dengan alarm di komputer yang terkoneksi dengan data rutinitas harian bahkan sekarang penggunaanya dalam tahap pelengkap anggota tubuh misal tangan yang tidak ada cacat bisa di lengkapi dengan teknologi tangan buatan sintetis dari alat2 dan penggunaan chip komputer sehingga manusia dan komputer bagian yang tidak dapat dipisahkan sangat mungkin dimasa depan penjelajahan waktu akan terlaksana dengan kemjuan teknologi dan interaksi manusia dan komputer

jawaban memori

 1. Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:

Register prosesor RAM atau Random Access Memory Cache Memory (SRAM) (Static RAM) Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM) Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis Perangkat penyimpanan berbasis disk optik Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory) Flash Memory Punched Card (kuno) CD atau Compact Disk DVD 2. Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. ROM bisa diibaratkan sebuah tulisan yang sudah tercetak, dimana pemakai hanya bisa melakukan pembacaan data yang ada didalamnya tanpa bisa melakukan perubahan apapun pada tulisan yang ada. ROM biasanya berisi instruksi/program khusus yang bisa digunakan pemakai untuk memanfaatkan komputer secara maksimal. 3. Cache memory, juga disebut memori CPU, adalah static random access memory (SRAM) berkecepatan tinggi yang dapat diakses oleh mikroprosesor komputer lebih cepat daripada yang dapat mengakses random access memory (RAM). Memori ini biasanya terintegrasi langsung ke dalam chip CPU atau ditempatkan pada chip terpisah yang memiliki interkoneksi bus yang terpisah dengan CPU.

Sabtu, 12 Maret 2022

Jawaban soal Sistem Robotika

Soal
1. Sebutkan Macam macam Robot

2. Sebutkan Klasifikasi Robot

3. sebutkan Kombinasi Mobile Robot & Non Mobile 4. Apa yang dimaksud dengan Mekatronik, dan sebutkan macam-macam dari

mekatronik.

5. Sebutkan macam-macam dari produk mekatronik.

6. sebutkan macam2 sensor pada robot.
Jawaban
1.
*Robot Bergerak (Mobile)
Ciri khasnya adalah mempunyai aktuator berupa roda untuk menggerakan keseluruhan badan robot tersebut sehingga robot dalam melakukan perpindahan posisi dari satu titik ke titik yang lain.

*Robot Tangan (Manipulator)
Robot ini hanya berupa tangan seperti tangan manusia yang fungsinya untuk memegang atau memindahkan barang, contohnya robot las di industri mobil dan robot merakit elektronik.

*Robot Menyerupai Manusia (Humanoid)
Robot yang memiliki kemampuan menyerupai manusia dan mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat untuk manusia.

*Robot Berkaki (Legged)
Robot ini memiliki kaki seperti hewan atau manusia yang mempu melangkahkan kakinya, seperti robot serangga, robot kepiting dll.

*Robot Terbang (Flying Robot)
Robot yang mampu terbang, menyerupai pesawat model yang diprogram khusus untuk mengawasi keadaan di darat dari atas dan juga untuk meneruskan komunikasi.

*Robot Dalam Air (Underwater Robot)
Robot yang digunakan di bawah laut untuk mengawasi kondisi bawah laut dan juga untuk mengambil sesuatu di bawah laut.

 2.Robot diklasifikasikan kedalam 4 bagian :
 A. Non Mobile Robot
   Robot ini tidak dapat berpindah posisi dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga robot tersebut hanya dapat menggerakkan beberapa bagian dari tubuhnya dengan fungsi tertentu yang telah dirancang.
  contoh : robot manipulator berlengan

B. Mobile Robot
 Mobile dapat diartikan bergerak, sehingga robot ini dapat memindahkan dirinya dari satu tempat ke tempat lain. dari segi manfaat, robot ini diharapkan dapat membantu manusia dalam melakukan otomasi dalam transportasi, platform bergerak untuk robot industri, eksplorasi tanpa awak dan masih banyak lagi.
 contoh : Robot Line Follower

C.Gabungan Mobile Robot dan Non Mobile Robot
Robot ini merupakan penggabungan dari fungsi-fungsi pada robot mobile dan non-mobile. sehingga keduanya saling melengkapi dimana robot nonmobile dapat terbantu fungsinya dengan bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
D.Robot Humanoid
Robot ini dirancang dengan menirukan anatomi dan perilaku manusia. Fungsi-fungsi tubuh manusia baik lengan, kaki, mata, dan pergerakan sendi kepala dan bagian lainnya sebisa mungkin diterapkan dirobot ini.
 contoh: robot ASIMO buatan jepang 


3. * Mobile Manipulator
  • walking robot dengan manipulator
  •claimbing robot

4. Mekatronika adalah sinergis IPTEK teknik mesin, teknik elektronika, teknik informatika dan teknik pengaturan (atau teknik kendali) untuk merancang, membuat atau memproduksi, mengoperasikan dan memelihara sebuah sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
penggunaan sistem mekatronika dalam kehidupan kita memperkuat salah satu sifatnya yang multiguna (aplikatif)
Mekanisme Mesin
Adalah obyek kendali yang biasanya berupa lengan robot mekanisme penggerak otomotif generator pembangkit listrik dan sebagainya.

Recommended Articles:
Perbedaan Bluetooth dan WiFi
Sensor-sensor
Adalah alat untuk mendeteksi , mengukur sesuatu yang digunakan untuk mengubah variasi mekanis magnetis panas sinar dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik sensor itu sendiri terdiri dari transduser dengan atau tanpa penguat, pengolah sinyal yang ter!entuk dalam satu system pengindera

Kontroler Dasar Mekatronika
Adalah bagian yang berfungsi sebagai pengambil keputusan apakah keadaan obyek kendali telah sesuai dengan nilai referensi yang diinginkan dan kemudian memproses informasi untuk menetapkan nilai komando guna merevisi keadaan obyek kendali

Rangkaian Penggerak
Adalah bagian yang berfungsi menerima sinyal komando dari controller dan mengkonversikan menjadi energi yang mampu menggerakan aktuator untuk melaksanakan komando dari kontroler, bagian ini selain menerima informasi dari kontroler juga menerima catu daya bertenaga tinggi.

Aktuator
Aktuator adalah bagian keluaran untuk mengolah tenaga suplai menjadi tenaga kerja yang dimanfaatkan sinyal keluaran dikontrol oleh system kontrol dan aktuator bertanggung jawab pada sinyal kontrol melalui elemen kontrol terakhir.

Sumber Tenaga
Adalah bagian yang mencatu daya listrik ke semua bagian yang membutuhkannya, salah satu bentuk nyata sumber energi adalah baterai untuk sistem yang berpindah tempat atau adaptor untuk sistem stasionari tetap di tempat


5. Mekatronik contoh 
Teknik Otomotif

Sebagai contoh sistem mekatronik pada kendaraan bermotor adalah sistem rem ABS ( Anti-lock Braking System) atau sistem pengereman yang menghindari terkuncinya roda sehingga mobil tetap dapat dikendalikan dalam pengereman mendadak, ESP ( Electronic Stability Program), ABC ( Active Body Control) dan Motor-Managemen-System.

Teknologi Penerbangan

Dalam teknologi penerbangan modern digunakan Comfort-In-Turbulence System sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penumpang walau ketika terjadi turbulensi. Gust Load Alleviation serta banyak contoh lainnya.

Teknik Produksi

Contoh dalam teknik produksi adalah penggunaan sensor pada robot. Sistem kendali umpan balik pada elektromotor berkecepatan rotasi tinggi dengan ‘pemegang as’ tenaga magnet.

6.Touch Sensor. Adalah jenis sensor yang akan mendeteksi ketika disentuh, ibarat kulit. Touch Sensor pada dasarnya adalah sakelar yang memiliki berbagai jenis bentuk. Pada robot digunakan untuk misalnya; mendeteksi objek yang ada pada tangan robot, mencegah terjadinya tabrakan pada robot beroda, dan masih banyak lagi. Contoh touch sensor yang paling sederhana adalah Push Button.
Light Sensor. Sensor ini mendeteksi cahaya atau peka terhadap cahaya disekitarnya. Dengan sensor ini robot dapat mengetahui gelap dan terang suatu objek, tempat, siang atau malam. Untuk menentukan gelap dan terang suatu tempat biasa menggunakan LDR Sensor, sementara untuk keperluan Robot Pengikut Garis (Line Follower) menggunakan InfraRed Sensor.
Color Sensor. Sama seperti light sensor atau Infra Red sensor, color sensor juga bisa mendeteksi gelap terang dengan menangkap warna hitam dan putih. Tapi selain itu, Color Sensor juga dapat mendeteksi warna lainnya seperti merah, biru, kuning, dan sebagainya. Pada aplikasinya color sensor juga bisa digunakan untuk membuat robot Line Follower, bahkan yang lebih canggih, yaitu: dapat mengikuti garis dengan warna yang lebih spesifik.
Distance Sensor. Adalah jenis sensor yang digunakan untuk mendeteksi objek dengan cara mengukur jarak objek tersebut. Sensor ini bisa mengukur jarak dengan sangat akurat. Dalam robot, Distance Sensor berguna sebagai mata. Robot dapat melihat objek didepannya dengan sensor ini. Contoh Distance Sensor yang paling sering digunakan adalah Ultrasonic sensor. Cara kerjanya sama persis seperti mulut dan telinga pada kelelawar.
Sound Sensor. Mendeteksi suara disekitar robot, fungsinya tentu saja seperti telinga. Melalui program sensor ini bisa membedakan suara yang nyaring, suara yang tidak nyaring, dan hening. Intensitasnya bisa kita atur manual, atau melalui program, tergantung jenis Sound Sensor yang dipakai. Bahkan untuk jenis Voice Recognition, itu bisa diprogram untuk mendengar kata (bahasa) yang digunakan manusia.
Balance Sensor. Biasa digunakan untuk membuat robot tetap seimbang. Mengetahui kemiringan, dan membantu bangun saat robot terjatuh. Salah satu contohnya adalah Gyroscope, dipakai juga pada Smartphone.
Gas Sensor. Berfungsi untuk mendeteksi berbagai jenis gas atau asap yang ada disekitar. Seperti hidung pada manusia, dapat membedakan yang mana gas yang biasa mana gas yang berbahaya. Contoh penerapan gas Sensor adalah untuk robot penjinak Bom, atau robot GreenBird.
Temperatur Sensor. Sama seperti kulit yang dapat merasakan panas dan dingin. Dengan temperatur sensor robot dapat mengenali suhu yang ada disekitarnya.
 

Jumat, 11 Maret 2022

AL KHASSYATULLOH NIM 2022191024

SISITEM PERPAKIRAN DENGAN E MONEY DI SENTRA GROCIR CIKARANG



Dosen  : Bpk Sondang

 

Di buat oleh :

AL KHASYYATULLOH

2022191024 P2k

TEKNIK INFORMATIKA

 

 

Fakultas KOMPUTER

Tahun ajaran

2021/2022




ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kegunaan kenyamanan privasi dan fitur layanan digital terhadap keputusan penggunaan kartu e-Money di SGC  sebagai alat transaksi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel untuk penelitian ini diambil secara purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah dari random orang yang  berbelanja  di Sentral Grosir cikarang

Penerapan teknologi banyak digunakan dalam gaya hidup sehari-hari, ini ditunjukan dengan hadirnya berbagai fasilitas teknologi informasi yang dikembangkan oleh para pembisnis yang ditujukan kepada masyarakat. Penggunaan uang elektronik kini sudah cukup banyak digunakan dalam keseharian masyarakat Indonesia. Kini telah populer apa yang disebut kartu E-Money,Kartu E-money ini dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di internet maupun yang telah bekerja sama dengan bank penerbit kartu E-Money.

Manfaat dan fitur layanan transaksi digital berpengaruh positif terhadap pemakaian e money sebagai alat transaksi untuk mengurangi penggunaan uang fisik .

 

PENDAHULUAN

 Latar Belakang

 eMoney memiliki chip kartu pintar yang tertanam di dalamnya untuk operasi transaksi  juga dikeluarkan oleh lemaga  perbankan.

Di Indonesia sendiri saat  yang mengeluarkan sistem uang elektronik adalah Bank BCA dengan Flazz Bank Mandiri dengan eMoney BNI dengan TapCash BRI dengan Brizzi dll.

Walaupun nilai uang yang dikandungnya sama dengan nilai uang tunai yang sama digunakan untuk kegiatan transaksional namun nominal uang yang terdapat  dalam sistem uang elektronik tidak dapat lagi diubah menjadi uang tunai. Hal ini sesuai dengan tujuan peneritan kartu ini yang hanya untuk  transaksi elektronik.

Kebanyakan uang di dunia ini adalah uang elektronik , dan uang tunai semakin berkurang penggunaannya ,Penggunaan uang elektronik sebagai alat pembayaran dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai.
  2. Tidak lagi menerima uang kembalian dalam bentuk barang (seperti permen) akibat padagang tidak mempunyai uang kembalian bernilai kecil (receh).
  3. Sangat applicable untuk transaksi massal yang nilainya kecil namun frekuensinya tinggi, seperti: transportasi, parkir, tol, fast food, dll
LATAR BELAKANG MASALAH
1. Seberapa Efektif Dengan eMoney ?

2. Efesiensi Waktu dan Kecepatan Antrian?

3. Keuntungan Parking dengan Emoney?

4. Bagaimana Sistem eMoney?

PEMBAHASAN

Seberapa Efektif Dengan eMoney

 Berdasarkan Analisa di sampel pada hari normal Senin Sampai dengan Jumat rata2 pengunjung 60% masih menggunakan Emoney sisanya menggunakan Transaksi karcis dengan Tunai ,sedangkan untuk penggunaan eMoney dengan kendaraan roda empat transaksi terbanyak dengan eMoney sejumlah 53% , 47% kendaraan roda dua lebih memilih dengan karcis parkir

Efesiensi waktu dan kecepatan antrian 

Untuk Efesiensi waktu jika di hari Minggu dan Sabtu jumlah pengunjung meningkat di jam sibuk antrian lebih cepat terpangkas dengan e money karena sekali kendaraan masuk dengan tapping in sedangkan untuk keluar hanya perlu tap out, sedangkan untuk antrian dengan karcis parkir sangat begtu memakan waktu per kendaraan 2 - 3 menit , biasanya yang memakai kendaraan roda dua , tentu efesiensi dengan e money waktunya sangat cepat dibanding dengan karcis parkir

KEUNTUNGAN Parkir dengan Emoney 

Keuntungan Parkir dengan eMoney Di kategorikan menjadi 4 sebagai berikut

1. Bentuk dan kegunaan

2. Saldo dan kemudahan pengisian

 3. Banyaknya pemakai kartu e money

 4. keamanan 

penjelasan 

1. Bentuk dan kegunaan

Bentuk emoney seperti kartu dan terdapat chip komputer , chip tersebut menyimpan transaksi data dan nominal saldo kartu , e money masih bisa digunakan secara offline , artinya tidak memerlukan koneksi internet untuk bisa menggunakan manfaatnya , untuk bisa bertransaksi harus selalu membawa kartu e money ,  untuk 6 responden menurut mereka kurang efektif dan lebih memilih e wallet digital dalam melkukan transkaksi, mereka lebih memilih uang tunai untuk membayar di indomaret

 2, Saldo dan kemudahan pengisian

 Untuk ,menggunakan e money penggunanya harus menyetorkan atau membayar dengan menggunakan uang fisik atau uang tunai kepada perusahaan penerbit uang elektronik untuk kemudian disimpan dalam media elektronik sebelum menggunakannya untuk keperluan transaksi. Secara sederhana, untuk mendapatkan uang elektronik, penggunanya harus menukarkannya dengan uang fisik (top-up), bisa dilakukan di atm yang mendukung setor tunai  tentunya menggunakan emoney  mendapatkan benefit bonus potongan promo dan berbagai kelbihan lain pengisian saldo e-money akan lebih mudah jika  memiliki smartphone dengan NFC (near field communication).

Jika tidak, perlu mengisi kartu e-money di mesin ATM, EDC, atau penyedia layanan pengisian lainnya.Saldo e money sama seperti uang tunai tetapi tidak bisa dicairkan .

3 . Banyaknya pemakai emoney 

  Emoney ini terus mengalami peningkatan, baik dari sisi penggunanya, maupun jumlah transaksinya. Merujuk pada data yang dirilis Bank Indonesia menunjukkan bahwa transaksi uang elektronik hingga Juni 2019 mencapai Rp 11,87 triliun.

Angka ini sudah naik drastis sebesar 242% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 3,46 triliun. Pada Februari 2019, BI merilis data bahwa uang elektronik tumbuh sampai 66%. BI mencatat, saat ini sudah ada 37 uang elektronik, baik dari jenis uang elektronik berbasis chip maupun server atau aplikasi. 

Naiknya penggunaan uang elektronik karena semakin tersebarnya lokasi yang menyediakan transaksi elektronik seperti transportasi umum, jalan tol, minimarket, tempat wisata, dan restoran. Tingginya pemakaian uang elektronik juga didorong oleh pertumbuhan jual beli daring.

Seiring dengan kemajuan teknologi ditambah efek pendemi virus pemkaian e money meningkat untuk mengurangi pemakaian uang tunai , Untuk segmentasi penggunaan e money, ternyata lebih luas daripada e wallet. Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang tersedia secara fisik, sehingga akan lebih mudah digunakan oleh masyarakat luas.

4. Keamanan

Karena e-money berbentuk fisik dan tidak terkoneksi internet ,emoney ini sangat aman tidak akan terkena hacking data oleh hacker ataupun terkena phising , uang elektronik yang satu ini akan lebih rawan hilang atau rusak.

Sistem bagaiman  Emoney  berkerja 

Penggunaan e-Money ini tidak memerlukan adanya proses otorisasi seperti halnya pemakaian pin atau tanda tangan, karena e-Money tidak berkaitan langsung dengan rekening nasabah yang ada di bank. Penggunaan dari e-Money tidak membebankan pembayarannya pada rekening bank, seperti halnya kartu kredit atau kartu debit. Sebagaimana prepaid yang lain, bisa melakukan top up untuk kartu tersebut.


Nasabah yang memiliki E-Money dalam pecahan tertentu, misalkan Rp100 ribu (maksimal Rp1 juta) terlebih dahulu mendaftarkan E-Money pada counter penerbit uang elektronik untuk aktivasi. Selanjutnya nilai uang reload (diisi dan direkam) pada media elektronik misalkan kartu yang dikeluarkan oleh bank, handphone, atau kartu prabayar.


Gerai ritel (merchant) yang diberi otorisasi sebagai tempat belanja akan mendebet sejumlah nilai sesuai transaksi. Setiap terjadi mutasi transaksi, komputer merchant yang terhubung ke jaringan penerbit E-Money akan melakukan semacam perhitungan kliring. Sebagaimana kartu prabayar, pengguna juga dapat menambah atau mengisi ulang (top up) uang elektronik tersebut. Pemakaian e-Money tak memerlukan proses otorisasi dan tidak terkait langsung dengan rekening nasabah di bank. Sehingga pembayaran yang dilakukan melalui e-Money tidak dibebankan kepada rekening nasabah di bank.

Perkembangan emoney untuk masa depan

Dengan adanya e money perkembangan terhadap transksi berlangsung lebih cepat dan waktu transaksi terpangkas lebih banyak ,sekarang banyak gerai selain indomaret menggunakan e money dan sudah menjalar ke usaha micro hanya dengan hp yang support aplikasi android atau support NFC . Alih fungsi dari non tunai ke emoney sudah berlangsung hingga sekarang kedepannya kiamat mesin - mesin atm sudah di depan mata bahkan transisi emoney kartu ke emoney aplikasi sudah makin banyak .

Di kota besar seperti jakarta e money sudah menggunakan kode QR sehingga tanpa perlu menempel kartu emoney tinggal scan transaksi akan terudpate ke aplikasi , voucher dan diskon bisa di apply sebelum bertransaksi .

 

KESIMPULAM

Penggunaan Kartu eMoney Menjadi pilihan , tergantung bagaimana para konsumen memanfaatkan agar keuntungan dan kekurangan dapat di manfaatkan dengan baik, tentu dengan banyak promo Dan potongan harga akan lebih mudah untuk di terima di berbagai lapisan masyarakat , kemajuan teknologi sewajarnya membuat kita lebih praktis dan efisien dalam memanfaatkan segala bentuk transaksi dari tunai dengan non tunai .

Kemajuan E money untuk E-parking sangat cukup memadai , di masa depan mungkin untuk parkir eMoney hanya dengan scan nomor plat kendaraan atau dengan kode barcode yang simpel mengurangi dengan kartu , karena sekarang kebanyakan sistem parking sudah makin maju dari tunai ke eMoney  hingga ke barcode scan plat nomor 











Daftar pustaka

https://klikasuransiku.com/detailArt/id=197/cat=3

https://www.google.com/amp/s/yoursay.suara.com/amp/lifestyle/2021/08/14/150000/lebih-aman-berikut-7-keunggulan-e-money-yang-kian-diminati-masyarakat

https://www.cermati.com/e-money


 








 

Flag Counter

The End Eart "GLOBAL WARMING"

1. Executive Summary Global warming is a pressing issue that is affecting our planet in numerous ways. From rising temperatures and melting ...